Sabtu, 21 November 2015

Begal Meresahkan Masyarakat Kota Palu



Sumber foto: http://www.yangmuda.com/read/detail/2183502/kasus-pembegalan-jangan-di-besar-besarkan
           
            Akhir-akhir ini masyarakat yang ada di Kota Palu diresahkan oleh maraknya kejahatan jalanan yaitu pembegalan, masyarakat yang ada di Kota Palu saat ini sangat was-was akan keselamatan mereka dikarenakan begal ini tidak tanggung-tanggung melukai korban, bahkan membunuh korban dengan sadis. Pihak kepolisisan atau aparat penegakan hukum dituding tidak mampu untuk menjaga keaman dan ketertiban di dalam lingkungan masyarakat.

                Seharusnya para aparat kepolisian harus bertindak dengan cepat untuk membrantas kasus pembegalan ini, agar masyarakat yang ada di Kota Palu tidak merasa resah terhadap keselamatan mereka.

                Fenomena seperti ini kemudian membuka mata masyarakat yang ada di Kota Palu, bahwa aksi pembegalan tersebut bukan sekedar kriminalitas biasa. Pembegalan ini sudah ada dari dulu, modusnya pun sangat beranekaragam. Pada awal tahun 2000-an, masih kita ingat tentang maraknya kasus pembegalan terhadap para tukang ojek. Korbannya pun dibunuh kemudian sepeda motornya di amuk oleh begal. Kasus seperti pembegalan ini bisa menjadi sebuah alat untuk menebar kebencian atau menjelekkan sebuah nama institusi. Ditengok kebelakang sepertinya aksi pembegalan tersebut ada yang menggerakan atau menjalankan mereka, dikarenakan aksi tersebut sangat terorganisir dan sangat sistematis.

                Fenomena seperti pembegalan ini seharusnya tidak bisa disepelekan atau dipandang sebela mata. Seharusnya langkah-langkah yang harus kita ambil dan selayaknya kita lakukan, yaitu memberi perhatian khusus pada sejumlah kasus yang melibatkan anak remaja sebagai pelaku pembegalan. Para aparat penegakan hukum juga harus secepatnya menangkap pelaku dan mengungkap, sekaligus mematakan semua permasalahan tentang pembegalan dengan secara detail.

                Seandainya kasus pembegalan yang ada di Kota Palu ini tidak ditangani dengan secepat mungkin oleh para aparat penegakan hukum, akan banyak korban-korban yang berjatuhan dari masyarakat bahkan lebih paranya lagi akan banyak korban dari masyarakat yang meninggal akibat dari ulah pembegalan tersebut.

                Dengan maraknya fenomena pembegalan yang ada di Kota Palu, masyarakat harus mengetahui cara untuk menghindar dari ancaman pembegalan. Contoh masyarakat harus memilih jalur yang ramai saat pulang kerumah dan hindari bepergian saat malam hari jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Nama Penulis             : Apriyatno Selfinus Ndoa
Stambuk                     : B 501 14 058
Kelas                           : B
Universitas/Prodi       : Tadulako/Ilmu Komunikasi
Jenis berita                 : Feature News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar